Sabtu, 13 Oktober 2012

Twitter, Platform Promosi yang Potensial





Siapa yang tidak mengenal “Larry the Bird” Si Burung biru yang menjadi logo salah satu situs web populer saat ini?  Sebanyak 500 juta orang di dunia telah mengenalnya. Mereka mengenalnya karena hampir setiap hari menjumpai logo tersebut dalam situs web populer yang mereka miliki yaitu twitter. Situs yang ditemukan oleh Mark Zuckerberg ini menawarkan jejaring sosial berupa miniblog untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Tweet yang ditampilkan terdiri dari 140 karakter. Hal tersebut membuat kita belajar membuat pesan yang singkat tetapi menarik.
Pesan yang disampaikan dalam twitter, rata-rata berisi celoteh, percakapan, berita, pengenalan diri, dan bisa juga berupa promosi. Alangkah baiknya jika kita mampu memanfaatkan media tersebut untuk melakukan promosi untuk berbisnis sehingga kita dapat meraih beberapa keuntungan sekaligus. Untuk melakukan bisnis melalui media sosial, perlu adanya persepsi yang ditujukan kepada konsumen mengenai suatu produk/jasa/brand. Untuk menciptakan persepsi tersebut dibutuhkan pemikiran yang matang mengenai media promosi apakah yang cocok dan efektif, agar persepsi dan image yang ingin disampaikan dapat melekat kuat dibandingkan produk/jasa/ brand lainnya yang sejenis.[1] Jika persepsi dapat tersampaikan dengan baik, maka banyak orang yang akan melirik bisnis yang kita tawrkan.
Twitter memiliki kemampuan untuk mengikat dan menarik perhatian pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan[2]. Hanya dengan menuliskan varian baru ke dalam tweet, maka orang-orang akan segera mengetahuinya. Selain itu menanyakan feedback mengenai produk kepada pengguna tweeter lain pun juga dapat dilakukan. Banyak sekali orang-orang yang merasakan manfaat dari media sosial dengan alasan mereka lebih percaya dengan promosi melalui media sosial seperti twitter  dari pada melalui brosur, koran, katalog, spanduk, dan lain lain. Contohnya ketika ada promosi gelang GAMADA (Gadjah Mada Muda) melalui akun twitter PPSMB UGM 2012. Dalam promosi tersebut terlihat bahwa promosi yang dilakukan berhasil menarik minat banyak orang, karena banyak sekali konsumen yang memesan[3].
Tidak hanya promosi mengenai barang tetapi promosi berupa jasa pun juga dapat dilakukan. Misalnya tempat wisata, restoran, maupun cafe, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari pengunjung tempat-tempat tersebut memperoleh rekomendasi dari pengguna jejaring sosial, salah satunya adalah twitter. Sering kali mereka sengaja mencari informasi yang berkaitan dengan tempat wisata, restoran, atau mencari barang-barang yang akan di beli melalui twitter. Hal tersebut menimbulkan terjadinya komunikasi yang efektif karena masing-masing pihak saling membutuhkan satu sama lain. Menyadari potensi ini, manajemen Twitter bersiap mengembangkan situs multi fungsi ini menjadi jauh lebih besar. Salah satunya dengan menambah pemasukan dari iklan[4].
Keberadaan twitter memiliki manfaat yang potensial dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, sebagai pengguna jejaring sosial tersebut hendaknya mampu memanfaatkannya dengan baik. Akan tetapi, sebaiknya para pengguna twitter waspada terhadap segala bentuk promosi yang ada dalam twitter, karena bisa juga terjadi tindakan penipuan yang merugikan konsumen dan pihak-pihak tertentu. #Bridgingcourse08









DAFTAR PUSTAKA

Daniel Surya dan Erick Raharja. 2012. Memandang Media Sosial sebagai Media Promosi. SINDO 8 Agustus  2012 diakses dari http://ekbis.sindonews.com/read/2012/08/08/39/663896/memandang-media-sosial-sebagai-media-promosi tanggal 12 oktober 2012 pukul 13.02 WIB

Ciputra Enterpreneurship. 2011. Memaksimalkan Twitter untuk Promosi dan Pemasaran. Diakses dari http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/178-bisnis-online/12322-maksimalkan-twitter-untuk-promosi-dan-pemasaran.html tanggal 12 oktober 2012 pukul 13.02 WIB
Observasi terhadap akun twitter PPSMB UGM 2012 tanggal 11 oktober 2012 pukul 19.15 WIB
Purwanto, Didik. 2011.  2012, Twitter Bakal Makin Banyak Iklan. Diakses dari http://tekno.kompas.com/read/2011/12/29/11562083/2012..Twitter.Bakal.Makin.Banyak.Iklan tanggal 12 oktober 2012 pukul 13.05 WIB
Wiranegara, Chibita. 2009. Twitter yang Trendy dan Moderen. Yogyakarta: Golden Books.
Wikipedia. 2012. Twitter. Diakses dari http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter tanggal 12 Oktober 2012 pukul 13.20.
Berbisnis Online. 2012. Tips untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis Online. Diakses dari http://senibisnisonline.com/bisnis/tips-meningkatkan-pendapatan/ tanggal 13 Oktober 2012 pukul 19.00 WIB.
Aditya, Ivan. 2012. Pengguna Twitter hampir 500 Juta Anggota. Diakses dari http://krjogja.com/read/119814/pengguna-twitter-hampir-500-juta-anggota.kr tanggal 13 Oktober 2012 pukul 19.10 WIB.
Aditya, Ivan. 2012. Twitter Genjot Iklan. Diakses dari http://krjogja.com/read/119156/twitter-genjot-iklan.kr tanggal 13 Oktober 2012 pukul 19.10 WIB.
Elcom. 2009. Ayo Mengenal twitter. Yogyakarta: Andi dan Elcom.








[1]Daniel Surya dan Erick Raharja. 2012. Memandang Media Sosial sebagai Media Promosi. SINDO 8 Agustus 2012 diakses dari http://ekbis.sindonews.com/read/2012/08/08/39/663896/memandang-media-sosial-sebagai-media-promosi tanggal 12 oktober 2012 pukul 13.02 WIB

[2] Ciputra Enterpreneurship. 2011. Memaksimalkan Twitter untuk Promosi dan Pemasaran. Diakses dari http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/178-bisnis-online/12322-maksimalkan-twitter-untuk-promosi-dan-pemasaran.html tanggal 12 oktober 2012 pukul 13.02 WIB

[3]Observasi terhadap akun twitter PPSMB UGM 2012 tanggal 11 oktober 2012 pukul 19.15 WIB
[4] Didik Purwanto. 2011.  2012, Twitter Bakal Makin Banyak Iklan. Diakses dari http://tekno.kompas.com/read/2011/12/29/11562083/2012..Twitter.Bakal.Makin.Banyak.Iklan tanggal 12 oktober 2012 pukul 13.05 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar